Pertamina Siap Dorong Ekonomi Nasional di Ajang MotoGP Mandalika 2023

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pertamina akan menjadi sponsor utama dalam perhelatan internasional Pertamina Grand Prix (GP) of Indonesia yang akan digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 13- 15 Oktober mendatang.

Menurut Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, di event yang digelar untuk kedua kalinya ini, kehadiran Pertamina bukan hanya sebatas sebagai pendorong olahraga otomotif, tetapi juga mendukung geliat perekonomian nasional, termasuk UMKM.

"Hal itu terbukti melalui helatan MotoGP di Mandalika pada tahun 2022 lalu. Di tengah situasi pandemi, sekitar 102 ribu penonton menyaksikan langsung balap motor kelas dunia tersebut, dan memberi dampak yang tak sedikit bagi Lombok. Event ini mampu meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Barat hingga 3,5 persen pada kuartal I tahun 2022, jadi dampaknya luar biasa," terang Nicke saat kegiatan Launching Pertamina GP of Indonesia di Senayan City, Jakarta, Sabtu (22/7) lalu.

Dia menambahkan, pada tahun lalu, gelaran olahraga otomotif itu juga memberi sumbangsih terhadap perekonomian nasional dengan nilai transaksi mencapai Rp5 triliun, yang diperoleh dari seluruh ekosistem yang mendukung dan terdampak positif dari acara tersebut.

Sementara dari sisi UMKM, tercipta nilai transaksi hingga Rp800 miliar.

"Tenaga kerja langsung yang terserap di saat acara itu mencapai hingga 4.600 orang. Jadi pertumbuhan ekonomi berputar, transaksi demikian besar, penyerapan tenaga kerja juga terjadi," bebernya.

Dia pun berharap, pada gelaran kedua Pertamina GP of Indonesia ini, semakin meningkatkan antusias masyarakat.

Sehingga dampak terhadap perekonomian, penyerapan tenaga kerja dan UMKM ikut meningkat.