Sinergi KKP-Kalikan.id Perluas Jaringan Pasar Ikan Hias Air Tawar

Foto : istimewa

Pasardana.id - Dalam rangka mendukung produktivitas pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ikan hias, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kalikan.id tengah merancang stratregi untuk memperluas jaringan pasar ikan hias air tawar Indonesia.  

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, dalam keterangan pers, Senin (8/8/2022) mengungkapkan, bahwa kerja sama ini sekaligus untuk memenuhi permintaan ekspor yang meningkat.

"Bisnis ikan hias itu dahsyat, jika berhasil mengelolanya akan menghasilkan multiplier effect, utamanya dampak usaha ikan hias terhadap kemajuan UMKM dan kebutuhan ekspor," ungkapnya.

Menurut Trenggono, ada beberapa strategi yang tengah dirancang, di antaranya dengan memanfaatkan platform digital Kalikan.id sebagai sarana promosi yang bisa dimanfaatkan para komunitas ikan hias air tawar di Indonesia, seperti pembudidaya, pemasar, hingga para penghobi.

KKP bersama Kalikan.id juga berencana menggelar pameran ikan hias air tawar secara rutin dengan melibatkan stakeholder dari dalam dan luar negeri.

Pameran perdana, rencananya digelar Oktober 2022 di Jakarta, selanjutnya digelar di kota-kota sentra UMKM ikan hias air tawar di seluruh Indonesia.

"Di samping strategi pemasarannya, di bagian produksinya juga tentu harus kita perhatikan bersama, bagaimana pasokan pakan karena ini mempengaruhi kualitas ikan-ikan hias yang dihasilkan," ujarnya.

Sebagai informasi, nilai ekspor ikan hias Indonesia mengalami peningkatan signifikan pada periode tahun 2017–2021, dari 27,6 juta dolar AS pada tahun 2017 menjadi 34,5 juta dolar AS pada tahun 2021.  

Tahun 2021, ekspor ikan hias didominasi oleh ikan hias air tawar sebesar 80,63 persen atau senilai 27,8 juta dolar AS dan sisanya ikan hias air laut sebesar 19,37 persen atau senilai 6,7 juta dolar AS.

Sampai dengan Juni 2022, nilai ekspor ikan hias mencapai 17,61 juta dolar AS dengan volume sebesar 783,95 ton dengan negara tujuan utama Amerika Serikat (11,91 persen), Jepang (11,58 persen) dan Taiwan (10,60 persen).

Adapun jenis ikan hias yang paling diminati adalah arwana (super red dan jardini), cupang, botia, koi, maskoki, oscar dan lain-lain. 

Sedangkan ruang lingkup kerja sama antara KKP melalui Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) dengan PT Jelajah Inovasi Teknologi sebagai pengelola platform Kalikan.id meliputi; bersama-sama melakukan pemasaran ikan hias air tawar berbasis online dengan memanfaatkan platform pemasaran daring/e-commerce kalikan.id.  

Selanjutnya, KKP dan Kalikan,id melakukan penguatan strategi promosi ikan hias air tawar, serta melakukan peningkatan kapasitas pelaku usaha ikan hias air tawar di Indonesia.