MDKA Tambah Nilai Pinjaman Kepada Anak Usaha Pengolah Logam Sebesar USD150 Juta

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Merdeka Copper Gold Tbk (IDX: MDKA) menambah fasilitas pinjaman kepada anak usaha yang bergerak dibidang pengolahan logam, PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) sebesar USD150 juta.

Sehingga total fasilitas pinjaman perseroan kepada anak usaha itu mencapai USD200 juta dari sebelumnya hanya USD50 juta.

Mengutip keterangan resmi emiten tambang mineral grup Saratoga ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (18/8/2022) bahwa pinjaman itu untuk pembayaran kembali utang MTI kepada pihak lain dan atau kepada Perseroan, belanja modal, biaya konstruksi, dan operasionalnya.

“Dengan terlaksananya transaksi, Perseroan dapat memberikan dukungan pendanaan yang akan digunakan MTI untuk dapat menjalankan kegiatan usahanya dengan lebih optimal dan diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada Perseroan selaku pemegang saham tidak langsung MTI,” tulis manajemen MDKA.

Dampaknya, MTI berkewajiban membayar bunga dengan tingkat sebesar LIBOR 3  bulanan atau jika lembaran atau layanan tersebut tidak lagi tersedia, maka tingkat lainnya yang ditetapkan secara internasional sebagai pengganti darinya, ditambah margin sebesar 5 persen per tahun