Ingin Aset Tembus Rp500 Triliun, BRIS Tawarkan 6 Miliar Saham Baru

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX: BRIS) akan melakukan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue, dengan melepas sebanyak 6 miliar saham seri B bernominal Rp500 per lembar.

Mengutip keterangan resmi emiten bank syariah BUMN ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/8/2022) bahwa dana hasil penawaran saham baru itu akan digunakan untuk penyaluran pembiayaan dalam mendukung pertumbuhan bisnis perseroan.

“Perseroan memproyeksikan pertumbuhan pembiayaan dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) lebih dari 15 persen sampai tahun 2025,” tulis manajemen BRIS.

Rencana itu sejalan dengan visi untuk menjadi Top 10 Global Sharia Bank dengan aspirasi aset senilai Rp500 triliun pada tahun 2025 dengan Return On Equity (ROE) lebih dari 18 persen.

Adapun aksi korporasi tersebut akan dilaksanakan dalam rentang 12 bulan sejak persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 23 September 2022.

“Perseroan berharap, aksi right issue rampung pada kuartal IV 2022,” tulis manajemen BRIS.

Perlu diinggat, bagi pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETD-nya, maka porsi sahamnya akan terdilusi sebesar-besarnya 12,73 persen.