Tekan Beban, Laba LSIP Tumbuh 9 Persen Pada Semester I 2022

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (IDX: LSIP) membukukan laba bersih sebesar Rp549 miliar pada semester I 2022,atau tumbuh 9 persen secara tahunan.

Presiden Direktur LSIP, Benny Tjoeng mengatakan, perseroan meraih kinerja keuangan yang positif dan peningkatan margin di semester I 2022 terutama seiring kenaikan harga jual rata-rata produk sawit serta upaya dalam pengendalian biaya dan efisiensi.

“Kami terus memperkuat posisi keuangan, mengendalikan biaya dan efisiensi, meningkatkan produktivitas, memprioritaskan belanja modal terutama pada kegiatan peremajaan kelapa sawit dan infrastruktur serta berfokus pada praktik-praktik agrikultur yang baik secara berkelanjutan,” terang dia kepada media pada akhir pekan lalu.

Ia merinci, sepanjang semester I 2022, produksi Tandan Buah Segar (TBS) inti turun 18 persen secara tahunan menjadi 505 ribu ton, terutama karena dampak cuaca yang tidak mendukung dan kegiatan peremajaan tanaman sawit.

Seiring dengan turunnya produksi TBS inti dan eksternal, total produksi CPO turun 23 persen secara tahunan menjadi 127 ribu ton.

Pada kuartal kedua tahun 2022, produksi TBS inti naik 24 persen dibanding kuartal I 2022 dan CPO naik 42 persen dibandingkan kuartal pertama tahun 2022.

Hasil itu menjadikan perseroan membukukan penjualan sebesar Rp2,05 triliun atau turun 6 persen secara tahunan, terutama karena penurunan volume penjualan produk sawit yang sebagian diimbangi kenaikan harga jual rata-rata produk sawit.

Namun, perseroan mencatatkan laba kotor sebesar Rp840 miliar atau naik 11 persen secara tahunan, laba usaha sebesar Rp651 miliar atau 7 persen secara tahunan dan EBITDA sebesar Rp907 miliar atau naik 13 persen secara tahunan.