Harga CPO Melonjak, LSIP Cetak Laba Rp991 Miliar Pada Tahun 2021

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (IDX: LSIP) membukukan laba bersih sebesar Rp991 Miliar pada tahun 2021, atau naik  42 persen dibanding tahun 2020.

Presiden Direktur LSIP, Benny Tjoeng menjelaskan, hasil itu ditopang kenaikan harga jual rata-rata (ASP) produk sawit CPO yang naik 31 persen dan PK naik 55 persen secara tahunan.

Sehingga perseroan mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 28 persen menjadi Rp4,53 triliun di tahun 2021.

“Pada tahun 2021, London Sumatra juga meraih kinerja keuangan yang positif seiring kenaikan harga jual rata-rata produk sawit serta upaya-upaya kami dalam pengendalian biaya dan efisiensi, “ jelas dia kepada media, Rabu (2/3/2022).

Padahal, kata dia, sepanjang tahun 2021, produksi Tandan Buah Segar (TBS) inti turun 7 persen yoy menjadi 1,2 juta ton terutama karena dampak cuaca yang tidak mendukung serta kegiatan peremajaan tanaman sawit.

Seiring dengan turunnya produksi TBS inti dan eksternal, total produksi CPO turun 8 persen secara tahun menjadi 306 ribu ton.

Hal itu diikuti dengan penurunan volume penjualan CPO 2 persen secara tahun (year on year) menjadi 318 ribu ton sedangkan volume penjualan produk PK turun persen menjadi 92 ribu ton.

“Produksi TBS inti kami terutama dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang tidak mendukung dan berlanjutnya kegiatan peremajaan tanaman sawit,” jelas dia.

Ia menambahkan, perseroan melakukan penanaman kembali pada sebagian lahan yang berusia tua dengan benih bibit yang memiliki potensi hasil panen tinggi