Jokowi Sebut Prediksi Bank Dunia dan IMF Ada 60 Negara Bakal Ambruk Perekonomiannya

Foto : Setkab

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) memprediksi, sedikitnya ada 60 negara bakal ambruk perekonomiannya.

Hal tersebut dikarenakan adanya ancaman krisis dan situasi dunia saat ini yang tidak menentu.

"Bank Dunia, IMF menyampaikan ada kurang lebih 60 negara yang akan ambruk ekonominya, yang 40 diperkirakan pasti," kata Jokowi dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Dia menuturkan, saat ini, bukan hanya Indonesia saja yang bergelut dengan masalah pangan, namun keadaan dunia saat ini tengah dihantui oleh ancaman krisis pangan hingga energi.

"Bukan itu saja, ada pula ancaman inflasi yang menjadi momok semua negara, tak terkecuali Indonesia," ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta semua pihak untuk betul-betul mempersiapkan diri.

Dia juga menegaskan, dalam menghadapi ancaman krisis pangan dan energi, perlu ada persiapan matang.

"Kita ini negara besar, pangannya juga butuh pangan yang besar, energinya juga butuh energi yang besar, baik untuk kendaraan, maupun untuk industri, rumah tangga, dan lain-lainnya," ujar Jokowi.

"Tetapi ancaman krisis pangan ini juga bisa kita jadikan peluang karena lahan kita besar. Banyak yang belum dimanfaatkan, banyak yang belum produktif," tuturnya.

Apalagi, lanjut Jokowi, yang berkaitan dengan energi karena hampir separuh kebutuhan energi nasional di impor.

"Kita harus punya kepekaan, sense of crisis, kerja tidak bisa hanya makro-nya, tapi mikro-nya, detail harus tahu," tegas Kepala Negara.