Pengendali Akan Setor Rp737 Miliar Kepada YELO

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Artalindo Semesta Nusantara (ASN) selaku pemegang saham pengendali (PSP) akan kembali menyetor modal senilai Rp737, 116 miliar kepada PT Yello Integra Datanet Tbk (IDX: YELO).

Untuk itu, YELO akan melakukan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue dengan melepas sebanyak 15.302.195.240 lembar saham bernominal Rp100 per saham.

Mengutip keterangan YELO pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (13/5/2022) bahwa seluruh dana dari induk usaha itu akan digunakan untuk penyaluran pinjaman kepada PT Telemedia Komunikasi Pratama (TKP), anak usaha YELO dengan kepemilikan 99,67 persen dengan usaha layanan penyedia jasa internet.

“Perseroan berinisiatif untuk terus meningkatkan dan mengembangkan usaha dengan berencana memperluas jaringan penjualan data konektivitas ke daerah-daerah dengan menggunakan jaringan kabel serat optik di sepanjang jalur kereta api Indonesia,” tulis manajemen YELO.

Dana tersebut, oleh TKP akan digunakan untuk pengembangan penjualan jaringan internet disepanjang jalur rel kereta api di pulau Jawa khususnya untuk daerah tier 2 dan tier 3.

TKP memerlukan jalur serat optic yang terpasang di sepanjang rel kereta api.

TKP berencana untuk melakukan penyewaan jalur fiber optic tersebut kepada Gemilang Lintang Nusantara dengan panjang kabel serat optic yaitu 2.800 KM yang terdiri dari maksimal 10 Core.

Jalur serat optic ini melewati ± 4.291 Desa atau Kelurahan dengan ± 11.673.296 kepala keluarga.

Untuk menjalankan rencana itu, perseroan perlu mendapat restu pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 21 Juni 2022.