Tahun Ini, Waskita Berencana Lakukan Divestasi 5 Ruas Tol

Foto : istimewa

Pasardana.id - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (IDX: WSKT) menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI pada Senin (14/2/2022).

Dalam rapat tersebut, Direktur Utama (Dirut) Waskita Karya, Destiawan Soewardjono menyatakan, bahwa pihaknya berencana melakukan divestasi lima ruas tol pada tahun ini.

"Pada tahun 2022, kami merencanakan kurang lebih antara 4 - 5 ruas tol yang akan dilakukan divestasi," ujar Destiawan.

Dia mengatakan, ruas-ruas tol yang akan didivestasi tersebut merupakan ruas-ruas tol yang memang sudah beroperasi penuh.

Sebelumnya, Waskita melakukan transaksi divestasi melalui anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) dengan PT Akses Pelabuhan Indonesia (PT API) melalui penandatanganan kesepakatan jual beli atas ruas Tol Cibitung-Cilincing.

Waskita kemudian menyiapkan sejumlah ruas tol lainnya yang akan dilakukan divestasi setelah BUMN konstruksi tersebut resmi melepas kepemilikan saham di ruas Tol Cibitung-Cilincing.

Destiawan mengatakan, pihaknya akan merespons dari investor tentang ruas-ruas tol mana yang diminati.

Pada Oktober 2021 lalu, Waskita menyelesaikan divestasi pada empat ruas tol antara lain Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Semarang-Batang, Cinere-Serpong, dan Cibitung-Cilincing.

"Intinya, dari 13 ruas yang akan kami recycle, empat ruas tol telah terealisasi hingga Oktober 2021. Jadi masih ada sembilan ruas tol lagi," tandasnya.