Wujudkan Kota Cerdas, Kominfo Akan Bangun Infrastruktur 5G di IKN

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) akan diarahkan pada definisi kota cerdas.

Karena itu, infratruktur jaringan 5G akan dibangun di sana.  

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhonny G Plate mengatakan, salah satu ciri dari kota cerdas adalah tersedianya infrastruktur komunikasi yang memadai.

Tujuannya, untuk memudahkan pelayanan masyarakat maupun pengembangan bisnis di ibu kota baru tersebut.

"Kita semua berharap ibu kota negara baru, Nusantara, nanti menjadi ibu kota cerdas atau smart capital city. Kalau ibu kota cerdas ini kan harus didukung oleh infrastruktur TIK yang memadai dan baik," ujarnya di Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Jhonny menjelaskan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membangun infrastruktur jaringan 5G di IKN.

Hanya saja, implementasi untuk hal tersebut menyusul setelah rampungnya pembangunan infrastruktur lainnya.

"Kominfo tentu akan memberikan dukungan dan bekerja sama dengan otoritas melakukan tata ruang pembangunan ibu kota baru untuk memberi dukungan agar ICT (Information and Communication Technology) infrastruktur itu memungkinkan Nusantara menjadi ibu kota negara cerdas, termasuk pembangunan infrastruktur 5G," bebernya.

Menurut Jhonny, hal itu merupakan salah satu kompenen penting untuk membangun ibu kota cerdas.

Kominfo pun membagi alokasi frekuensi untuk jaringan telekomunikasi seluler 5G ke dalam tiga lapisan (layer) telekomunikasi, yaitu Low Band, Middle Band, dan High Band.

Pembagian itu dilakukan untuk pemerataan dan efisiensi layanan.

"Kota cerdas yang dimaksud ibu kota itu didukung dengan telekomunikasi yang modern, dan ketersediaan spektrum yang memadai. Kami tentu menyiapkan dukungan spektrum di semua band, mulai dari low band, coverage band dan di super high band," tandasnya.