Rugi CENT Akan Bengkak Jadi Rp268 Miliar Jika Caplok EPID Menara AssetCo

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id- PT Centratama Menara Indonesia, anak usaha PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (IDX: CENT) akan melakukan penyertaan modal kepada PT EPID Menara AssetCo senilai Rp 5,01 triliun.

Melansir keterangan resmi emiten menara telekomunikasi itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (20/1/2022), disebutkan bahwa, dana hasil setoran modal itu akan digunakan EPID Menara HoldCo untuk pelunasan utang.

Untuk itu, CENT terlebih dahulu melepas 999 saham atau 99, 9 persen porsi kepemilikan pada EPID Menara AssetCo senilai Rp35,85 miliar yang saat ini dipegang PT EPID Menara HoldCo, anak usaha dari pemegang saham utama CENT.

Untuk menggenapinya, PT Centratama Menara Indonesia akan membeli 1 saham pada EPID Menara AssetCo milik EPID Holding selaku pemegang 76,79 persen CENT. Kemudian, Centratama Menara Indonesia berencana melakukan penyertaaan modal pada EPID Menara AssetCo senilai Rp5,01 Triliun.

Ditegaskan, rencana transaksi ini membuat perseroan memiliki lebih dari 8 ribu menara telekomunikasi, yang segera akan menghasilkan pendapatan dan EBITDA yang lebih tinggi.

Hanya saja, jika berdasarkan laporan keuangan per 31 Agustus 2021, rugi CENT akan membengkak menjadi Rp268, 26 miliar dari sebelum konsolidasi sebesar Rp238,75 miliar. Pasalnya, EPID Menara AsetCo juga membukukan rugi senilai Rp268,26 miliar.

Namun, aset meningkat menjadi Rp19,842 triliun, hal itu ditopang dengan aset milik EPID Menara AsetCO senilai Rp12,11 triliun.

Sebagai syarat utama transaksi ini, perseroan harus mendapatkan persetujuan dari pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 25 Februari 2022.