CENT Bakal Raih Dana Rp2,07 Triliun dari Penawaran Saham Baru

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) akan melaksanakan Penawaran Umum Terbatas (PUT) III dengan mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (rigth issue).

Dalam aksi korporasi ini perseroan melepas 20.788.976.600 saham baru dengan nilai nominal Rp100,- sehingga akan meraup dana Rp2,07 triliun.

Dijelaskan, 93% dana hasil right issue akan disalurkan kepada anak usaha yakni NQI (PT Network Quality Indonesia) sebagai pinjaman, empat persen akan digunakan membeli saham NQI berdasarkan jual beli saham bersyarat, dan tiga persen digunakan untuk modal kerja perseroan.

Dalam prospektus yang disampaikan pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia yang disampaikan hari ini, Jumat (23/12/2016) dijelaskan, setiap satu pemegang saham lama akan berhak mendapat saham rigth issue dan setiap satu saham rigth issue memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham baru.

Sementara untuk waktu pelaksanaannya, tanggal pencatatan saham rigth issue pada tanggal 5 Januari 2017 dan periode perdagangan dan pelaksanaan rigth issue dari tanggal 5 hingga 11 Januari 2017. Adapun bertindak sebagai pembeli siaga adalah Clover Universal Enterprise Ltd.

Saat ini, komposisi kepemilikan CENT dimiliki oleh Clover Universal Interprises Ltd sebesar 59,42%, UBS AG Singapore Non Treatty Omnimbus 9,3% dan masyarakat 31,24%. Jika Clover melepas sahamnya dan diambil oleh pemegang saham-nya maka komposisi kepemilikannya berubah menjadi Colver sebesar 38,42% , UBS AG Singapore Non Treaty 9,3% dan masyarakat 52,43%.

Namun, jika saham rigth issue tersebut tidak diambil maka Clover sebagai pembeli siaga akan meningkat kepemilikannya hingga 86,19%, sementara kepemilikan UBS AG Singapore Non Treaty akan turun 3,18% dan masyarakat hanya 10,63%.