Aset Asuransi AIA Tembus Rp53,3 Triliun pada 2020
Pasardana.id - PT AIA Financial mencatat junlah aset sebesar Rp53,3 triliun.
Jumlah tersebut naik Rp3,3 triliun dari periode yang sama di tahun lalu yaitu Rp50 triliun sekaligus menduduki posisi nomor 1 untuk kinerja produk bancassurance dari segi new business total weighted premium income.
AIA juga menempati posisi teratas dalam jumlah Uang Pertanggungan yang mencapai Rp686 triliun.
Pencapaian positif tersebut melampaui pencapaian di periode sebelum pandemi yaitu tahun 2019.
Di tengah meningkatnya tingkat kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan akibat pandemi Covid-19, AIA berhasil mencatatkan pendapatan premi sejumlah Rp13,5 triliun dengan rasio pencapaian solvabilitas hingga 630%, tercatat jauh melebihi ketentuan pemerintah sebesar 120%.
Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan AIA yang mampu memenuhi kewajibannya dalam jangka panjang termasuk melindungi seluruh nasabah.
Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy mengatakan, AIA di Indonesia adalah bagian dari AIA Group yang telah berpengalaman selama lebih dari 100 tahun memproteksi masyarakat di kawasan Asia Pasifik dengan produk yang dirancang untuk siap menghadapi berbagai kondisi termasuk pandemi.
"Pencapaian kinerja perusahaan adalah wujud kesiapan kami sebagai perusahaan asuransi untuk membantu nasabah menjalani hidup di tengah pandemi serta merupakan upaya berkelanjutan dari seluruh tim yang terlibat di AIA," jelas Sainthan, Senin (3/5/2021).
AIA juga terus membuktikan komitmennya dalam memproteksi nasabah dengan membayar total klaim dan manfaat sepanjang 2020 yang mencapai sebesar Rp3,2 triliun dari produk asuransi konvensional serta unit Syariah.
Pencapaian yang positif ini menunjukan kekuatan jalur distribusi, brand terpercaya, kondisi finansial yang stabil dan kemampuan berinovasi telah membantu AIA untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan jangka panjang serta mewujudkan komitmen kuat dalam membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik.
Dalam mengembangkan bisnisnya, AIA fokus pada prioritas strategi yang mencakup Compelling Propositions, Unrivalled Distributions, Leading Customer Experience.

