Jelang Ramadhan, Mendag Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi memastikan bahwa harga barang kebutuhan pokok tetap stabil dan pasokannya lancar saat menjelang dan selama bulan puasa tahun ini.

Hal tersebut disampaikan kemarin, Senin (5/4) saat memantau harga di Pasar Bukittinggi, Sumatra Barat.

Mendag menyebut situasi di Pasar Bukittinggi menunjukkan secara umum harga bahan pokok (Bapok) stabil dan komoditas seperti beras, gula, dan tepung terigu tidak mengalami perubahan harga dari bulan lalu.

Ia juga mengatakan, prediksi kenaikan permintaan komoditas bapok di Sumatra Barat menjelang bulan puasa akan dibarengi upaya memastikan pasokannya berjalan lancar, sehingga tidak akan terjadi gejolak harga.

“Kemendag akan terus menjaga harga dan ketersediaan bapok agar dapat mencukupi kebutuhan masyarakat jelang bulan Ramadan hingga Lebaran nanti,” ujar Mendag di Pasar Bawah Kota Bukittinggi.

Lebih lanjut Mendag menyebut, upaya menjaga kestabilan harga bahan pokok ini ditempuh melalui koordinasi dengan pelaku usaha, pemerintah daerah, serta kementerian dan lembaga terkait.

“Kami akan memastikan ketersediaan bapok dengan harga yang terjangkau agar masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman,” tandasnya.