Luhut Sebut Ekosistem Startup Indonesia Nomor Wahid di Dunia

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan secara blak-blakan terkait ekosistem startup di Indonesia.

Luhut mengklaim, nilai ekosistem startup di Indonesia merupakan yang nomor wahid di dunia.

Hal itu berdasarkan, laporan dari Global Startup Ekosistem Report tahun 2020 yang menyebutkan, nilai ekosistem startup Indonesia lebih dari 25 miliar dollar AS.

"Jadi berdasarkan global startup ekosistem report tahun 2020 Indonesia menempati posisi 1 berdarkan nilai ekosistem 26,3 miliar dollar AS, nilai pendanaan tahap awal 849,5 juta dollar AS," ujar Luhut dalam sebuat webinar, Senin (8/3/2021).

Luhut juga mengatakan, dengan catatan tersebut membuat Indonesia menjadi negara peringkat ke 2 pada 100 negara dengan ekosistem startup yang berkembang di seluruh dunia.

Menurutnya, hasil ini merupakan kolaborasi antara pemerintah dan swasta.

"Swasta yang beperan terkait bisnis produk dan pemerintah memberikan infastruktur dan berbagai insentif buat megundang investasi masuk ke Indonesia," ucap dia.

Luhut juga memprediksi perkembangan startup di Indonesia akan terus berjalan. Apalagi, tambahnya, di tengah pandemi yang mana ekonomi digital bisa tumbuh cepat.

"Saya yakin, transformasi ke ekonomi digital akan terus berjalan karena gaya hidup masyarakat sudah jadi kebiasaan. Dan UMKM harus didukung agar tidak tertiggal di era industri 4.0," tegasnya.