Ajaib Kembali Raih Pendanaan Seri B Senilai 153 Juta Dolar AS

Foto : Co-Founder & CEO Ajaib Group, Anderson Sumarli (istimewa)

Pasardana.id - Ajaib, fintech investasi saham dan reksa dana, mengumumkan kembali meraih pendanaan seri B senilai 153 juta dolar AS atau setara Rp 2,18 triliun dari DST Global.

Adapun total dana yang telah dihimpun Ajaib di sepanjang tahun 2021 ini, telah mencapai 243 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,47 triliun. 

Pendanaan seri B ini dipimpin oleh DST Global bersama dengan investor terdahulu Ajaib, yaitu Alpha JWC, Ribbit Capital, Horizons Ventures, Insignia Ventures, dan SoftBank Ventures Asia.

Asal tahu saja, DST Global dan Ribbit Capital juga merupakan investor besar dalam fintech investasi saham Amerika Serikat, Robinhood.

Melansir keterangan pers, yang dirilis Senin (04/10), Co-Founder & CEO Ajaib Group, Anderson Sumarli menyampaikan, bahwa pihaknya akan menggunakan dana tersebut untuk merekrut talenta terbaik secara besar-besaran serta melakukan kampanye edukasi untuk menginspirasi lebih banyak investor pemula.

“Misi kami adalah untuk menyambut investor generasi baru ke layanan keuangan modern. Indonesia masih memiliki penetrasi investor saham sebesar 1 persen. Dan perjalanan kami masih panjang untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia,” jelas Anderson. 

Ajaib baru-baru ini merayakan 1 juta investor ritel saham. Ini merupakan pencapaian luar biasa di negara yang hanya memiliki 2,7 juta investor saham. Padahal pertumbuhan jumlah investor ritel saham di Indonesia belum pernah secepat ini dalam sejarah Indonesia.

Adapun saat ini, ada enam startup yang memiliki valuasi di atas 1 miliar dollar AS, yaitu GoTo, Bukalapak (IDX: BUKA), Traveloka, OVO, J&T Express, dan Xendit.

Dengan demikian, berkat pendanaan ini, Ajaib menjadi startup ke-7 yang memiliki valuasi di atas 1 miliar dollar AS.