Kunjungi Wakil Presiden, Ini Yang Dibahas Menparekraf Sandiaga Uno

Foto : istimewa

Pasardana.id - Usai kunjungi berbagai tempat pariwisata prioritas, kini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf), Sandiaga Uno menemui Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma'ruf Amin pada Selasa (5/1/2020) sore.

Keduanya membahas percepatan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

Dalam pertemuan itu, Sandi menuturkan, Wapres Ma'ruf Amin berpesan agar budaya bersih dapat menjadi kenormalan baru.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat lewat Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) harus terus ditingkatkan. Tujuannya menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan.

"Bapak Wakil Presiden menegaskan untuk menjadikan budaya bersih sebagai suatu kenormalan baru. Penerapan protokol kesehatan yang ketat lewat K4 atau CHSE harus terus ditingkatkan. Tujuannya adalah untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan," tulis Sandiaga Uno seperti dikutip dari akun twitter @sandiuno pada Rabu, (6/1/2021).

Selain itu, Wapres menitipkan pendekatan dua klaster, yaitu usaha mikro kecil sebagai satu klaster yang harus diberikan pemberdayaan dan bantuan sosial.

Kemudian klaster menengah usaha besar yang harus diberikan insentif kebijakan agar mereka bisa bertahan di masa pandemi.

“Beliau juga memberikan contoh konsep, seperti Balkon Desa, balai ekonomi desa yang sudah dianggap berhasil dan menjadi best practice di salah satu destinasi pariwisata super prioritas, yaitu Borobudur,” ujar Sandi.

Sandi juga mengaku diingatkan, agar pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif dapat melibatkan pesantren.

Bagaimana menjadikan 28.000 pesantren yang ada sebagai sebuah sarana penggerak dan pencipta lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, kesiapan lima destinasi super prioritas, meliputi pelaku usaha atau sumber daya manusia (SM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bukan hanya infrastruktur yang dibangun, tapi juga peningkatan SDM melalui pemberdayaan.

“Mudah-mudahan tahun 2021 ini menjadi awal kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkas Sandi.