Dapat Dana Insentif, Menparekraf Ramal Diskon Tiket Pesawat Datangkan 736 Ribu Wisman

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pemerintah sedang menyusun paket kebijakan ekonomi sebagai stimulus untuk mengantisipasi dampak lanjutan penyebaran wabah virus korona, khususnya bagi sektor pariwisata.

Karena itu, untuk tetap menggairahkan sektor pariwisata di Tanah Air yang ikut terdampak virus tersebut, Pemerintah akan menggelontorkan anggaran dengan total dana sebesar Rp742,4 miliar, dimana sebesar Rp298,5 miliar akan digunakan untuk menggaet wisatawan asing

Menyikapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio memproyeksi, Indonesia bakal kedatangan tambahan wisatawan mancanegara sebesar 736 ribu orang dalam tiga bulan ke depan, yakni di periode Maret-Mei 2020.

"Dengan insentif Rp298,5 miliar akan memberikan dampak untuk menarik wisatawan asing sebanyak 736 ribu wisatawan," ungkap Wishnutama di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (25/2/2020).

"Itu kira-kira dapat menghasilkan devisa sebesar Rp 13 triliun," sambungnya.

Ia menuturkan, akan banyak wisatawan mancanegara yang datang dari berbagai negara, seperti Australia dan Eropa. Dengan demikian, menurunnya turis asal China karena virus corona akan digantikan oleh wisatawan dari negara lain.

"Kami akan fokus ke pasar-pasar lain, seperti Australia dan Eropa, yang biasanya mengeluarkan dana besar di Indonesia per kedatangan," tandasnya.