Pajak Impor Picu Tuntutan Perusahaan Otomotif

foto: istimewa

Pasardana.id - Berbagai perusahaan otomotif telah melayangkan tuntutan ke pemerintah Amerika Serikat terkait pajak impor yang dikenakan terhadap suku cadang yang diimpor dari Tiongkok.

Seperti dilansir BBC News, Kamis (24/9/2020), Tesla menjadi perusahaan otomotif yang terkini mengajukan keberatan terhadap pajak impor baru yang diterapkan pemerintah AS dan menginginkan adanya pengembalian dana.

Akibat perang dagang, pemerintah AS dan Tiongkok telah menetapkan berbagai pajak terhadap berbagai produk yang diimpor dari masing-masing negara. Meningkatnya tensi kedua negara belakangan ini memakan korban perusahaan berbagai sektor, termasuk otomotif.

Mercedes-Benz awal pekan ini mendaftarkan tuntutuan ke Pengadilan Perdagangan Internasional di New York. Perusahaan otomotif Jerman tersebut menuduh tindakan gegabah pemerintah AS telah berpengaruh terhadap impor senilai US$500 miliar dari Tiongkok.

Perang dagang AS_Tiongkok telah berlangsung berlarut-larut sejak 2018 lalu. Berbagai pertemuan dan kesepakatan telah dilakukan dalam upaya mengurangi tensi kedua negara.