Mercedes-Benz Ambil Alih 33 Persen Saham ACC

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan otomotif Jerman Mercedes-Benz pada Jumat (24/9/2021) mengumumkan pengambilalihan 33 persen saham perusahaan manufaktur sel baterai Automotive Cells Company (ACC).

Menurut Ola Kaellenius, CEO Daimler yang merupakan perusahaan induk Mercedes-Benz, seperti dilansir Reuters, keikutsertaan dalam ACC yang dilakukan bersama Stellantis dan TotalEnergies bertujuan untuk memastikan Eropa tetap sebagai jantung industri otomotif dunia di era kendaraan elektrik.

Sel baterai yang diproduksi dapat didaur ulang sampai 95 persen, sesuai dengan target tercapainya rantai pasokan CO2-Neutral pada 2039.

ACC akan memasok Mercedes-Benz dengan teknologi baterai mulai pertengahan decade ini. Sebagai balasannya, Daimler akan menginvestasikan ratusan juta euro dalam proyek pengembangan bersama yang dimulai tahun depan.

Daimler Juli lalu mencanangkan tercapainya produksi 100 persen kendaraan elektrik mulai 2030. Rencananya Daimler akan membangun delapan gigafactory, salah satunya berlokasi di Amerika Serikat.

ACC yang diluncurkan September 2020 merupakan sebuah joint ventur antara Stellantis dan TotalEnergies. ACC telah menginvestasikan 2 miliar euro untuk membangun pabrik sel baterai di Jerman yang rencananya akan mulai beroperasi pada 2025 mendatang.