ANALIS MARKET (30/7/2020) : Sentimen Eksternal Masih Jadi Katalis Pergerakan Indeks

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian OSO Securities menyebutkan, pada perdagangan kemarin (29/7), IHSG ditutup melemah tipis sebesar 0.04% ke level 5,111.11.

Lima indeks sektoral ditutup dalam zona merah, dimana sektor Aneka Industri ditutup melemah sebesar 1.33%.

Pergerakan indeks terjadi disebabkan sentimen yang bervariatif diantaranya rilis data Penjualan Motor bulan Juni yang tercatat mengalami penurunan hingga lebih dari 56% secara Year on Year (YoY).

Adapun di sisi lain, langkah pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi dengan meluncurkan kredit hingga Rp100 triliun untuk korporasi swasta pada sektor padat karya yang resmi di tanda tangani oleh Menteri Keuangan kemarin nampaknya belum mampu mendorong indeks untuk ditutup di dalam zona hijau.

Sementara itu, bursa saham Wall Street kompak ditutup dalam zona hijau, dimana Nasdaq menguat 1.35%, S&P 500 naik 1.25% dan Dow Jones positif 0.62%.

Penguatan tersebut didorong oleh optimisme pasar menyikapi pernyataan Federal Reserve yang kembali berjanji untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui berbagai instrumen.

Meski begitu, The Fed tetap memperingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi masih akan terpengaruhi oleh perkembangan virus corona.
Adapun pada pertemuan semalam, The Federal Reserve kembali mempertahankan suku bunga acuan pada kisaran 0% - 0,25%.

Di samping itu, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan, meningkatnya kasus virus corona di AS dan pembatasan yang ditujukan untuk menahan wabah corona mulai membebani pemulihan ekonomi AS.

“Beragam kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis OSO Securities dalam riset yang dirilis Kamis (30/7/2020).