Giliran Fitch Turunkan Peringkat Obligasi SOCI Senilai USD200 Juta

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Lembaga pemeringkat efek internasional Fitch Ratings menurunkan peringkat Obligasi Senior Unsecured senilai USD200 juta PT Soechi Lines Tbk (IDX: SOCI) yang jatuh tempo tahun 2023 dari rating B menjadi B- dengan outlook stabil.

Berdasarkan keterangan resmi emiten pelayaran itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (17/12/2020) dijelaskan bahwa, peringkat Obligasi yang lebih rendah seiring dengan hasil Penawaran Tender dan Permohonan Persetujuan untuk mengubah ketentuan-ketentuan dalam indenture atas Obligasi, yang mana prosesnya telah berakhir pada tanggal 8 Desember 2020.

Sebelumnya, sebanyak USD122,5 juta dari jumlah pokok terutang Obligasi yang tercatat di bursa Singapura, yang mana mewakili sekitar 61,3 persen dari jumlah pokok terutang Obligasi, telah secara valid ditender oleh para Pemegang Obligasi, yang seluruhnya diterima oleh Perseroan untuk dibeli kembali.

Persetujuan yang diterima berdasarkan Permohonan Persetujuan serta Penawaran Tender dan Permohonan Persetujuan dari para Pemegang Obligasi adalah senilai USD133,4 juta dari jumlah pokok terutang Obligasi, atau mewakili sekitar 66,7 persen dari jumlah pokok terutang Obligasi.

Sedangkan peringkat untuk Long-Term Issuer Default Rating dipertahankan pada rating B  pada 15 Desember 2020.