ACST Ajukan PKPU Perusahaan Patungan Surya Paloh dan Sonangol Land

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Acset Indonusa Tbk (IDX: ACST) telah melayangkan Permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terhadap PT China Sonangol Media Invesment pada tanggal 12 November 2020 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Berdasarkan keterangan resmi emiten konstruksi grup Astra Internastional ini pada Laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (17/11/2020) dijelaskan, bahwa perseroan selaku penerima kerja menagih pembayaran atas pekerjaan konstruksi yang sampai saat ini belum dibayarkan oleh China Sonangol Media Invesment.

“Apabila PKPU ini dikabulkan oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat maka terdapat kepastian pembayaran dari pemberi kerja. Kepastian pembayaran diperlukan untuk menjaga kinerja keuangan dan memenuhi kebutuhan modal kerja perseroan,” tulis manajemen ACST.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal III 2020, perseroan mencatatkan tagihan kepada pemberi kerja sebesar Rp,137 triliun.

Sementara itu, China Sonangol Media Investment merupakan perusahaan patungan PT China Sonangol Land dan Media Grup, milik Surya Paloh.

China Sonangol Media Invesment tengah membangun gedung pencakar langit di jalan Thamrin, Jakarta Pusat sejak 2016.

Pembangunan gedung dengan nilai Rp8 triliun tersebut telah mendapat pinjaman senilai USD160 juta dari PT Bank ICBC Indonesia.