Mitratel Akan Beli 6.050 Menara Senilai Rp10,3 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) akan menjual sebanyak 6.050 menara telekomunikasi senilai Rp10,3 triliun kepada PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).

Hal itu tertuangan dalam perjanjian jual beli bersyarat antara kedua anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (IDX: TLKM) itu pada tanggal 14 Oktober 2020.

Berdasarkan keterangan resmi emiten telekomunikasi BUMN ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (16/10/2020), ditegaskan bahwa rencana ini tergolong transaksi afiliasi yang dikecualikan karena kegiatan usaha utama dari kedua anak usaha tersebut.

“Transaksi ini bagian penataan portofolio bisnis perseroan untuk menciptakan nilai yang optimal bagi pemegang saham,” tulis Manajemen TLKM.

Masih berdasarkan keterangan tersebut, jumlah menara Mitratel akan mencapai 22 ribu jika syarat jual beli terpenuhi. Sehingga akan memperkuat bisnis dan nilai tambah dalam mewujudkan rencana jangka panjang Mitratel.

Sedangkan, Telkomsel akan tetap pada bisnis utamanya sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia dengan membangun ekosistem dan pengalaman ketersambungan digital bagi pelanggannya.