TLKM Satu Dari 91 Emiten ‘Bermasalah’

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) memberi notasi khusus pada 91 emiten hingga tanggal 5 Agustus 2020.

Menariknya, salah satu penghuni emiten-emiten bermasalah itu adalah efek PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Berdasarkan data BEI, emiten BUMN telekomunikasi itu mendapatkan notasi khusus L atau terlambat menyampaikan laporan keuangan terakhir yakni periode 30 Juni 2020.

Sementara itu berdasarkan keterangan resmi emiten telekomunikasi itu bahwa keterlambatan disebabkan pandemi Covid-19 yang mendorong perseroan memberlakukan bekerja dari rumah.

“Kontrol atas PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) dilakukan secara triwulanan dimana memerlukan koordinasi dan kehadiran fisik karyawan terutama untuk pengumpulan dokumentasi persiapan dan penyajian sesuai dengan standar akuntansi keuangan di Indonesia dan Internasional (IFRS) serta pengumpulan dokumentasi seluruh informasi dalam laporan keuangan secara lengkap dan benar,” sebut keterangan perseroan, Selasa (4/8/2020)

Ditambahkan, hal ini menyebabkan kendala operasional terkait seluruh proses persiapan dan penyajian Laporan Keuangan Semester I Perseroan dan Entitas Anak sesuai dengan standar akuntansi keuangan di Indonesia.

“Perseroan memperkirakan LKTT Tahun Buku 2020 akan selesai dan siap kami sampaikan paling lambat sekitar tanggal 7 Agustus 2020,” tulis manajemen dalam keterangan resminya.