Ashmore Asset Management Jadi Manajer Investasi Pertama Yang 'Listing' di BEI

foto : dok. IDX

Pasardana.id – PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk resmi mencatatkan saham (listing) berkode AMOR di papan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), hari ini, Selasa (14/1).

Sebelumnya, pada pelaksanaan penawaran umum perdana saham (IPO-initial public offering), perseroan melepas saham ke publik sebanyak 111,11 juta lembar dengan harga penawaran senilai Rp1.900 per saham.

Sehingga, pada aksi korporasi ini, perseroan yang bergerak di bidang jasa manajemen investasi dan penasihat investasi ini, mampu meraup dana masyarakat sebesar Rp211,11 miliar.

Selama masa penawaran, total pemesanan saham mencapai 1.116 pesanan dengan kelebihan pemesanan sebanyak 13,7 kali dari porsi pooling atau secara keseluruhan sebanyak 1,25 kali dari total saham IPO.

Adapun pada aksi korporasi ini, manajemen AMOR menunjuk PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

“Langkah perseroan masuk ke BEI melalui IPO merupakan strategi untuk meningkatkan kapasitas pendanaan dan tata kelola perusahaan yang lebih baik. Kami berencana memperluas jangkauan distribusi dengan membangun infrastruktur dan produk strategis,” kata Presiden Direktur AMOR, Ronaldus Gandahusada di Gedung BEI Jakarta, Selasa (14/1).

Rencananya, jelas dia, sebesar Rp200 miliar dari hasil IPO akan digunakan untuk mengembangkan infrastruktur teknologi informasi (IT), sedangkan sisanya akan dimanfaatkan untuk membiayai pembentukan produk baru.

Ashmore Asset Management merupakan Manajer Investasi pertama yang mencatatkan saham di BEI.

Berdasarkan prospektus perseroan, pengembangan IT perseroan bertujuan untuk mendukung penetrasi keuangan ke segmen nasabah dengan ekonomi menengah ke bawah serta kelompok milenial.