Penuhi Ketentuan Kepemilikan Tunggal, BBCA Cari Satu Bank Lagi untuk Diakuisisi

foto: doc Bank BCA

Pasardana.id - Setelah resmi menguasai PT Bank Royal Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) masih harus mencari satu bank kecil lainnya untuk diakuisisi.

Langkah ini merupakan bagian dari rencana BCA untuk memenuhi ketentuan single presence policy (SPP) alias aturan Kepemilikan Tunggal Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seperti disampaikan Direktur BCA Rudy Susanto di Jakarta, Rabu (21/8/2019) yang menerangkan, bahwa pencairan satu bank kecil lainnya karena sesuai ketentuan yang berlaku.

“Karena kami ingin jadi mayoritas, maka harus menggabungkan dua bank jadi satu,” ujar Rudy.

Meski masih mencari, Rudy mengaku, rencana tersebut sudah masuk dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) perseroan dalam 2-3 tahun sebelumnya.

Rudy menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih terus memantau kondisi pasar dan industri perbankan untuk dapat melakukan aksi akuisisi selanjutnya.

“Makanya kami punya intensi untuk ambil dua bank dari awal. Tapi kami tetap akan cari yang size-nya pas dan harganya tepat untuk kami,” kata Rudy.

Seperti diketahui, BCA telah mendapat persetujuan pemegang saham untuk mengambilalih Bank Royal. Kini, BCA menjadi pemilik 99,99 persen saham Bank Royal.