Usung Tema Data Challenge, BCA Kembali Gelar Finhacks

foto: istimewa

Pasardana.id - Data science atau ilmu data saat ini menjadi bidang yang cukup banyak diperbincangkan dan menjadi perhatian utama dalam industri berbasis teknologi. Mulai dari bidang perbankan, telekomunikasi, marketplace, hingga media massa. 

Pada beragam industri tersebut, data science berkontribusi terhadap upaya peningkatan kualitas produk serta pelayanan, baik kepada konsumen atau juga masyarakat. 

Hal inilah yang kembali mendorong PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk kembali menggelar Finhacks 2018 yang rangkaian acaranya dimulai pada tanggal 8 Agustus hingga 14 November 2018.   

Setelah dua tahun berturut-turut sebelumnya, BCA menyelenggarakan Finhacks dengan konsep “Hackathon”, di tahun ini untuk pertama kalinya BCA akan menyelenggarakan Finhacks dengan konsep “Data Challenge” dengan di dukung oleh DailySocial.id, Algoritma dan Kaskus dalam penyelenggaraannya.

Dalam gelaran ini, para data scientist ditantang untuk menghasilkan model  terbaik sehingga dapat memahami lebih jauh mengenai perilaku data yang diamati (descriptive) dan memperkirakan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang (predictive) berdasarkan koleksi data yang terkait dengan industri finansial.

Finhacks tahun ini kami mengangkat tema #DataChallenge karena kami mencermati bahwasanya di era digital saat ini penting untuk memajukan bidang pengolahan data di tanah air, khususnya di sektor finansial. Karenanya, kami mulai mengambil langkah agar praktisi ahli di bidang pengolahan data dapat terakomodir dan tertantang untuk semakin maju di bidangnya. Harapannya lewat ajang ini akan semakin menggiatkan secara positif iklim dunia data science di Indonesia. Selain itu semakin menggerakan komunitas data science untuk semakin berperan dalam melahirkan beragam terobosan di analisa big data,” terang  Wakil Presiden Direktur BCA, Armand Wahyudi Hartono dalam rilisnya, Jumat (10/8/2018).

Dalam rangkaian Finhacks 2018 #DataChallenge peserta dituntut untuk dapat mengembangkan model matematika (mathematical methods) yang mampu memberikan solusi untuk tiga kategori permasalahan utama yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization, di mana masing-masing kategori akan dipilih lima tim terbaik dengan total hadiah senilai Rp480 juta.

Mulai Rabu (8/8/2018), masyarakat pecinta dunia digital yang ingin bereksplorasi dan tertarik mengikuti kompetisi ini dapat mulai mendaftar menjadi peserta. Pendaftaran dibuka dari 8 Agustus 2018 hingga 8 Oktober 2018 melalui website https://finhacks.id/ yang sekaligus dilakukan online pre assessment test. Peserta yang telah mendaftar dan lulus online pre assessment test dapat mengikuti babak online data challenge. 

Dari tiga kategori yang dilombakan, akan dicari masing-masing 5 tim terbaik (total ada 15 finalis) untuk bersaing di babak final atau Demo Day yang diselenggarakan pada tanggal 14 November 2018. Nantinya di momen tersebut masing-masing tim akan mempresentasikan hasil karyanya dalam waktu 15 menit di hadapan juri.

Tak hanya itu, BCA juga memfasilitasi para pecinta dunia digital baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum yang memiliki minat di dunia pengembangan teknologi informasi terutama di pengolahan data melalui gelaran roadshow ke tiga kota seperti Jakarta (1/9/2018), Yogyakarta (8/9/2018), dan Bandung (15/9/2018).

Di setiap roadshow juga diadakan Workshop mengenai Data Science yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman,  wawasan, dan kemampuan para peserta di bidang  pengolahan data, serta  memberikan bekal untuk mengikuti Finhacks 2018 #DataChallenge.

“Pergerakan dunia digital saat ini membawa BCA untuk terus bergerak dalam memaksimalkan inovasi berbasis digital, utamanya pada layanan dan produk bagi nasabah setia. Melalui gelaran ini, kami berharap akan banyak solusi inovatif di bidang analisa big data yang dapat membantu kami memberikan manfaat jangka panjang kepada pengguna layanan BCA. Kami mendorong bagi seluruh pecinta dunia digital untuk bersama-sama menantang diri dan turut berkompetisi di gelaran Finhacks 2018 #DataChallenge” tutup Armand.