ANALIS MARKET (13/8/2019) : Harga SUN Diproyeksi Masih Akan Bergerak Melemah

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pada perdagangan hari ini, Selasa (13/8/2019), diperkirakan bahwa harga Surat Utang Negara (SUN) masih akan bergerak dengan peluang untuk kembali mengalami pelemahan melanjutkan koreksi harga yang terjadi pada perdagangan sebelumnya serta antisipasi investor menjelang pelaksanaan lelang penjualan Surat Utang Negara pada hari ini.

Sebagai informasi, pada perdagangan hari ini, Selasa, 13 Agustus 2019, pemerintah berencana untuk menerbitkan Surat Utang Negara melalui lelang dengan target penerbitan senilai Rp15 triliun dari tujuh seri Surat Utang Negara yang ditawarkan kepada investor.

Demikian diungkapkan analis fixed income MNC Securities, I Made Adi Saputra dalam riset yang dirilis Selasa (13/8/2019).

“Menjelang lelang, harga Surat Utang Negara akan cenderung bergerak terbatas  dengan peluang terjadinya koreksi harga karena investor berharap untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi melalui lelang,” jelas I Made. 

Rekomendasi

Harga Surat Utang Negara masih berfluktuatif, sehingga dari beberapa sentimen diatas masih berpeluang untuk mengalami penurunan dalam jangka pendek.

Hanya saja, dengan adanya koreksi harga yang terjadi, imbal hasil dari Surat Utang Negara menjadi cukup menarik untuk kembali diakumulasi.

Dengan kondisi tersebut, kami sarankan kepada investor untuk tetap mencermati arah pergerakan harga Surat Utang Negara dengan strategi trading jangka pendek di tengah kondisi harga Surat Utang Negara yang bergerak berfluktuasi.

Kami menyarankan pembelian secara bertahap pada Surat Utang Negara dengan tenor menengah dan tenor panjang dengan pilihan seri FR0053, FR0061, FR0046, FR0040, FR0059, FR0064, FR0078 dan FR0073.