ANALIS MARKET (15/4/2019) : Harga SUN Cenderung Mengalami Koreksi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pada perdagangan hari ini, Senin (15/4/2019), diperkirakan harga Surat Utang Negara (SUN) masih akan bergerak beragam dan berpotensi mengalami koreksi ditengah jelang diselenggarakannya lelang Sukuk Negara pada esok hari tanggal 16 April 2019, serta jelang diselanggarakannya Pemilihan Umum.

Selain itu, para pelaku pasar juga menantikan dirilisnya data neraca perdagangan Indonesia periode Maret 2019 pada hari ini.

Demikian diungkapkan analis fixed income MNC Securities, I Made Adi Saputra dalam riset yang dirilis Senin (15/4/2019).

“Kami menilai bahwa adanya beberapa sentimen diatas, para pelaku pasar cenderung untuk menahan diri melakukan transaksi di pasar sekunder dan melakukan aksi wait and see atas pergerakan harga yang terjadi,” jelas I Made.

Dari beberapa faktor tersebut, lanjut I Made, diperkirakan harga Surat Utang Negara pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami koreksi.

“Kami masih menyarankan kepada investor untuk tetap mencermati arah pergerakan harga Surat Utang Negara dengan fokus kepada pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika serta melakukan strategi trading di tengah harga Surat Utang Negara yang masih bergerak berfluktuasi. Kami juga masih merekomendasikan seri - seri Surat Utang Negara dengan tenor pendek dan menengah sebagai pilihan di tengah kondisi pasar saat ini, yaitu seri: FR0053, FR0070, FR0056, FR0071 dan FR0073,” ungkapnya.

Sementara itu, pada sepekan kedepan, terdapat lima surat utang yang akan jatuh tempo senilai Rp66,62 triliun.