Dorong Semangat Berinvestasi Masyarakat, Tokopedia Gandeng APRDI Gelar Kampanye #InvestasiAjaDulu

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Marketplace Tokopedia menggandeng Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan lnvestasi Indonesia (APRDI) menggelar kampanye #InvestasiAjaDulu, dalam rangka mengedukasi masyarakat terhadap literasi dan inklusi keuangan untuk berinvestasi.

“Kampanye ini juga merupakan strategi Tokopedia untuk meningkatkan semangat investasi di tengah masyarakat Indonesia, demi mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital,” kata AVP of Fintech Tokopedia, Samuel Sentana di Gedung BEI, Jakarta, Senin (18/11).

Dijelaskan, kerjasama tersebut merupakan proses berkelanjutan sekaligus dukungan Tokopedia terhadap gerakan nasional #PasarUanginAja, yang sebelumnya telah diluncurkan oleh OJK.

Selain itu, melalui kampanye ini, pihaknya menargetkan peningkatan literasi keuangan di berbagai kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan pelajar hingga ibu rumah tangga.

Di kesempatan yang sama, Ketua Presidium Dewan APRDI, Prihatmo Hari Muljanto mengatakan, minat masyarakat untuk berinvestasi ternyata terus bertumbuh, dimana faktanya, investasi reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi yang diminati oleh masyarakat. Karena reksa dana dapat dimulai dengan modal terjangkau dan risiko yang relatif lebih rendah.

“Dengan adanya inovasi yang mempermudah masyarakat untuk berinvestasi Iewat platform digital, seperti misalnya Tokopedia, kami berharap investasi mikro seperti reksa dana dapat terus bertumbuh secara sehat,” ujar Hari.

Adapun Direktur Pengelolaan lnvestasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sujanto, menyambut baik inisiasi antara Tokopedia dengan APRDI dalam bentuk kampanye tersebut.

Menurutnya, edukasi tentang instrumen investasi merupakan agenda yang cukup penting, dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di tengah masyarakat Indonesia.

Pasalnya, strategi pengembangan literasi keuangan nasional merupakan salah satu fokus OJK di tahun ini, khususnya kepada masyarakat yang hendak memulai berinvestasi.

“Sebagai bagian dari Gerakan Money Market Fund (GM2F), inisiatif dari Tokopedia akan mampu mengawali gerakan ini untuk terus menyebar ke para pelaku industri pengelolaan investasi lainnya dan menjadi inisiatif bersama,” tandasnya.