DBS Research: Digitalisasi Geser Pola Konsumsi Masyarakat

foto: istimewa

Pasardana.id - Pola konsumsi masyarakat kini bergeser seiring dengan kemudahan teknologi digital. Di bidang ritel, konsumsi masyarakat meningkat berkat penjualan online.

Seperti disampaikan DBS Group Research, Selasa (29/10/2019). Menurut DBS, peluang digital tersebut dimanfaatkan oleh pelaku industri dan UMKM untuk meningkatkan penjualan.

“Kemudahan bertransaksi dan berbelanja secara online menjadi daya tarik utama bagi masyarakat untuk berbelanja terutama banyaknya penawaran menarik berupa potongan harga,” tulis DBS.

Lebih lanjut lagi, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) menjadi kesempatan bagi perusahaan ritel untuk mendorong penjualan melalui platform online.

Berdasarkan data DBS per akhir 2018, e-commerce telah mendongkrak konsumsi sektor ritel khususnya penjualan online pakaian dan alas kaki hingga Rp7,23 triliun.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga telah memanfaatkan peluang digital melalui e-commerce dan sosial media untuk penjualan serta pemasaran produk, strategi omni-channel perusahaan tingkatkan sinergi toko online dan offline, serta meningkatkan penjualan online melalui program Harbolnas di bulan Desember.