Kinerja NPI Diperkirakan Membaik di Q3-2018 dengan Defisit yang Mengecil

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Kepala Riset/Ekonom Samuel Aset Manajemen (SAM), Lana Soelistianingsih memperkirakan, kinerja neraca perdagangan Indonesia (NPI) akan membaik di Q3-2018 dengan defisit yang mengecil. Sayangnya, ia tidak merinci kisaran angka yang dimaksud.

“Kinerja NPI kami perkirakan membaik di Q3-2018 dengan defisit yang mengecil,” ungkap Lana dalam laporan riset harian SAM yang dirilis Senin (13/8/2018).

Asal tahu saja, kinerja neraca perdagangan Indonesia (NPI) pada Q2-2018 tercatat defisit US$4,3 miliar, naik dibandingkan defisit pada Q1-2018 sebesar US$3,85 miliar.

Komponen Transaksi Berjalan defisit sebesar US$4 miliar (3,04% dari PDB) dan Transaksi Financial surplus US$4,0 miliar utamanya bersumber dari investasi lainnya (utang luar negeri swasta dan pemerintah).

Bank Indonesia sendiri, dalam siaran persnya menyebutkan, ke depan, kinerja NPI diprakirakan masih tetap baik dan dapat terus menopang ketahanan sektor eksternal.

“Defisit transaksi berjalan untuk keseluruhan 2018 diprakirakan masih dalam batas aman yaitu tidak melebihi 3,0% dari PDB,” sebut pernyataan BI yang dirilis Jumat (10/8).

Adapun sejumlah langkah telah ditempuh Pemerintah melalui kebijakan memperkuat ekspor dan mengendalikan impor melalui peningkatan import substitution.

Pemerintah juga terus memperkuat sektor pariwisata, terutama di 4 (empat) daerah wisata prioritas, untuk mendukung neraca transaksi berjalan.

“Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan global yang dapat memengaruhi prospek NPI, antara lain; ketidakpastian pasar keuangan global yang tetap tinggi, kecenderungan penerapan inward-oriented trade policy di sejumlah negara, dan kenaikan harga minyak dunia. Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi, serta memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dalam mendorong kelanjutan reformasi structural,” ungkap pernyataan BI.