Shire Tolak Tawaran Akuisisi, Saham Takeda Anjlok

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham Takeda Pharmaceutical Company Ltd anjlok lebih dari 2 persen pada pada sesi perdagangan Jumat (20/4/2018) pagi di Bursa Efek Tokyo, Jepang, setelah tawaran akuisisi senilai US$63 miliar, atau sekitar Rp870 triliun, dalam bentuk uang tunai dan saham yang diajukan perusahaan farmasi Jepang tersebut terhadap Shire Plc ditolak.

Shire, perusahaan bioteknologi yang berpusat di Dublin, Republik Irlandia, seperti dilaporkan Reuters, menyatakan telah menerima tiga proposal bersyarat dari Takeda. Namun ketiga proposal tersebut dianggap Shire undervalue karena tidak sesuai dengan prospek pertumbuhan perusahaan. Oleh karena itu, kedua perusahaan masih terus berdiskusi untuk menemukan titik temu.

Apabila tawaran Takeda diterima Shire, maka akan menjadi langkah paling radikal yang pernah ditempuh CEO Takeda Christophe Weber dalam mejadikan Takeda menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia.

Para analis menyebut Takeda perlu untuk meningkatkan jumlah uang tunai yang dibayarkan dalam akuisisi untuk membuat para pemegang saham Shire berubah pikiran. Namun peningkatan tersebut akan menjadi beban finansial yang besar.

Shire memiliki nilai pasar sekitar US$51,5 miliar, jauh lebih besar dari Takeda. Kapitalisasi pasar Takeda hanya mencapai 4 triliun yen atau sekitar US$37,2 miliar.