Shire Lepas Bisnis Onkologi ke Servier Seharga US$2,4 Miliar

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan bioteknologi Shire Plc, yang merupakan target akuisisi Takeda Pharmaceutical, telah menjual bisnis onkologi miliknya ke perusahaan farmasi Perancis Servier dengan harga US$2,4 miliar atau sekitar Rp33 triliun.

Pihak Shire mengatakan pada Senin (16/4/2018), seperti dilansir Reuters, bahwa tengah mempertimbangkan untuk menyalurkan dana hasil penjualan ke para pemilik saham melalui buyback. Shire juga menyatakan penjualan lanjutan terhadap aset-aset non strategis miliknya berpeluang untuk terjadi.

Penjualan bisnis onkologi oleh Shire dimaksudkan untuk menjadi fatkor pencegah akuisisi oleh Takeda. Karena bisnis onkologi perusahaan yang bermarkas di Dublin, Republik Irlandia, tersebut merupakan target utama Takeda dari proses akuisisi.

Berdasarkan aturan akuisisi yang berlaku, Takeda yang berpusat di Osaka, Jepang, memiliki waktu sampai 25 April untuk mengumumkan apakah akan melakuakn penawaran untuk mendapatkan Shire yang memiliki nilai pasar sekitar US$47 miliar.

Pembelian Shire tentu akan mendongkrak bisnis Takeda secara signifikan. Tapi juga menjadi beban keuangan yang sangat besar, karena nilai pasar Shire lebih besar US$10 miliar dari Takeda.

Industri farmasi global telah diwarnai dengan akuisisi yang dilakukan para pemain besar di industri ini dalam beberapa waktu terakhir. Namun akuisisi Shire oleh Takeda akan menjadi akuisisi terbesar sejauh ini.