Rusia Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan OPEC, Harga Minyak Dunia Rebound

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami rebound pada Kamis (29/11/2018) setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa Rusia berkeinginan untuk melanjutkan kerja sama pengurangan produksi minyak mentah dengan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries).

“Kami telah menjalin komunikasi dengan OPEC dan jika diperlukan, kami akan meneruskan kerja sama ini,” kata Putin dalam sebuah investasi forum, seperti dikutip Xinhua.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2019 naik US$1,16 menjadi US$51,45 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2019 meningkat 81 sen menjadi US$59,57 per barel di London ICE Futures Exchange.

Putin juga mengatakan bahwa ia merasa nyaman dengan harga minyak mentah US$60 per barel, yang disebutnya berimbang dan adil.

Putin akan bertemu dengan Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Buenos Aires, Argentina, dalam pertemuan G20 yang berlangsung akhir pekan ini. Sang pangeran menjadi fokus sehubungan kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Para trader memiliki kekhawatiran bahwa Saudi akan menghindari konfrontasi dengan Amerika Serikat terkait harga minyak dunia, karena Presiden AS Donald Trump telah menunjukkan dukungannya terhadap Mohammed bin Salman saat sang pangeran mendapat tuduhan sebagai dalang pembunuhan Khashoggi.