AS-Tiongkok Capai Kesepakatan, Harga Minyak Dunia Melambung

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia melambung pada Senin (3/12/2018) setelah Amerika Serikat dan Tiongkok mencapai kesepakatan untuk tidak kembali memberlakukan tarif baru terhadap barang impor dari masing-masing negara dan akan membentuk perjanjian dagang baru yang saling menguntungkan dalam 90 hari ke depan.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2019 naik US$2,02 menjadi US$52,95 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2019 meningkat US$2,23 menjadi US$61,69 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia juga terpengaruh keputusan Qatar untuk keluar dari OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) mulai 1 Januari 2019 mendatang, mengakhiri keanggotaan Qatar di OPEC yang telah berlangsung 57 tahun.

Pengumuman keluarnya Qatar dari OPEC pada Senin terjadi hanya tiga hari sebelum pertemuan OPEC dan negara-negara produsen minyak mentah non-OPEC seperti Rusia berlangsung di Wina, Austria. Pertemuan tersebut diharapkan menghasilkan keputusan bersama untuk mengurangi produksi.

Qatar merupakan produsen minyak mentah terkecil dari Timur Tengah, namun negara produsen LNG (liquefied natural gas) terbesar di dunia.