Bali Hai Mulai Fokus Bidik Pasar Ekspor
Pasardana.id - Produsen minuman beralkohol, PT Bali Hai Brewery Indonesia mengklaim, penjualan domestiknya kini tumbuh 10% per tahun. Adapun porsi penjualan ekspor saat ini masih kecil.
Oleh sebab itu, Bali Hai ingin memperbesar pasar ekspor.
Menurut Erwin Ruffin, Marketing Manager PT Bali Hai Brewery Indonesia, meski telah beroperasi sejak tahun 1975, baru pada 1995, Bali Hai mulai merambah pasar ekspor.
Sejauh ini, mereka sudah menjamah 20 negara tujuan ekspor sepeti Korea Selatan, Malaysia, Jepang, Rusia hingga negara-negara di kawasan Eropa dan Afrika.
"Kami membuka kesempatan untuk mengeksplorasi, harapannya brand Bali Hai selalu mendapatkan tempat spesial di rumah sendiri dan dicari para penikmat bir mancanegara," ujar Erwin, dalam kunjungan pabrik, Selasa (13/11).
Sebagai strategi memenangi persaingan, pihaknya menampilkan produk yang mempunyai karakter sendiri-sendiri. Saat ini, ada empat merek produk besutan Bali Hai dipasaran, yang meliputi Bali Hai Premium, Draft Beer, El Diablo dan Panther Black.
Adapun semua aktivitas pembuatan minuman beralkohol berlangsung di Bekasi, Jawa Barat. Pabrik yang menempati area seluas 5 hektare tersebut berkapasitas produksi sebanyak 500 juta hekto liter per tahun.
“Per hari, kami memproduksi 20.000 karton atau 240.000 botol bir dengan merek bir berbeda setiap hari, sesuai dengan permintaan pasar. Adapun dalam sehari, mesin produksi mampu menggiling 50 ton bahan baku malt dan hops,” tandas Erwin.

