ANALIS : Pasar Obligasi Diperkirakan Melemah dengan Potensi Melemah Terbatas

foto : istimewa

Pasardana.id - Riset harian Indo Mitra Sekuritas menyebutkan, pagi ini pasar obligasi diperkirakan akan dibuka melemah dengan potensi melemah terbatas. Keterbatasan ini dating dari belum pulihnya transaksi di pasar sekunder.

“Secara teknikal analisa, pasar obligasi juga masih menunjukkan tanda pelemahan, dan dalam posisi sideways,” ujar Maximilianus Nico Demus, Head of Fixed Income Division PT Indo Mitra Sekuritas kepada Pasardana.id, di Jakarta, Senin (03/7/2017).

Dijelaskan, di saat seperti ini, beberapa obligasi korporasi telah terbit dengan kupon yang aduhai, tentu hal ini bisa menjadi alternative investasi di tengah minimnya pencarian imbal hasil yang menarik.

Ditambahkan, focus berikutnya adalah data inflasi yang akan keluar hari ini, yang juga akan di nanti oleh investor.

“Tidak hanya itu saja, Moodys yang memberikan peringkat investment grade bagi MTN Eurobond kita, juga merupakan kabar yang sangat baik, karena mampu menekan kupon yang akan diberikan nanti,” jelas Nico.

“Sejauh ini kami merekomendasikan hold bagi obligasi bertenor 5 tahun, dan jual bagi obligasi bertenor 10 tahun hingga 20 tahun, sembari menantikan beberapa data yang akan keluar hari ini,” tandas Nico.