ANALIS : Pasar Obligasi Berdurasi 5 Tahun dan 10 Tahun Berpotensi Melemah

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Riset harian Indo Mitra Sekuritas menyebutkan, pagi ini pasar obligasi diperkirakan akan dibuka melemah dengan potensi melemah untuk obligasi berdurasi 5 tahun dan 10 tahun.

“Ruang pelemahan masih terbuka meskipun sudah sangat terbatas. Bagi obligasi 15 tahun dan 20 tahun, pelemahan masih ada, namun berpotensi untuk mengalami kenaikkan,” jelas Maximilianus Nico Demus, Head of Research Division PT Indo Mitra Sekuritas kepada Pasardana.id, di Jakarta, Senin (10/7/2017).

Menurut Nico, tekanan masih akan dating dari luar negeri, khususnya kenaikkan imbal hasil global. Namun dukungan keluarnya capital outflow dalam waktu singkat sebesar 0.4% tentu memberikan pengaruh cukup besar bagi pergerakan harga obligasi dalam negeri.

Ditambahkan, perhatian selanjutnya akan tertuju kepada lelang yang diadakan esok hari, kenaikkan imbal hasil yang telah terjadi tentu akan membuat permintaan imbal hasil kian tinggi, disatu sisi kebutuhan Pemerintah akan utang juga besar.

“Hal ini yang akan membuat lelang esok menjadi menarik. ECB yang lebih hawkish akan terus mendorong kenaikkan imbal hasil di negara Eropa tersebut,” terang dia.

“Kami merekomendasikan hold bagi obligasi berdurasi 5 tahun dan 10 tahun, dan mulai membeli bagi obligasi berdurasi 15 tahun dan 20 tahun dengan volume kecil hingga sedang, secara bertahap. Saat ini momentum terdekat untuk masuk adalah obligasi 15 tahun dan 20 tahun. Cermati arah harga obligasi,” tandas Nico.