Pemerintah Resmi Umumkan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 H Mulai Tanggal 23 - 30 Juni 2017

foto : istimewa

Pasardana.id - Pemerintah resmi mengumumkan cuti bersama tahun ini, terhitung mulai tanggal 23-30 Juni 2017, dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1438 H, dengan menerbitkan Keputusan Presiden RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama 2017 pada Kamis, 15 Juni 2017.

"Dalam rangka mewujudkan efektifitas dan efisiensi hari kerja bagi para Aparatur Sipil Negara serta untuk memberikan pedoman bagi seluruh instansi pemerintah dalam pelaksanaan cuti bersama tahun 2017," demikian pernyataan yang dilansir dari situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kamis (15/6).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur mengimbau pemimpin instansi pemerintah ; aparatur sipil negara (ASN), prajurit Tentara Negara Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di lingkungan masing-masing, untuk tidak memberikan cuti tambahan, sebelum dan sesudah cuti bersama Idul Fitri 1438 H.

"Bagi ASN, TNI, Polri yang saat cuti bersama karena tugasnya harus memberikan pelayanan kepada masyarakat, misalnya pegawai rumah sakit, petugas imigrasi, bea dan cukai, lembaga pemasyarakatan dan lain-lain, sehingga tidak dapat melaksanakan cuti bersama, dapat diberikan tambahan cuti tahunan sejumlah cuti bersama tersebut," tutur Asman.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Royke Lumowa mengatakan, cuti bersama tambahan memang diusulkan Polri. Usulan ini diberikan agar tidak terjadi penumpukan pada satu hari sebelum Lebaran.

Bahkan menurutnya, Polri mengusulkan agar cuti bersama diberikan sejak Kamis, 22 Juni atau sejak hari H-3. Namun yang hanya disetujui pada tanggal 23 Juni. 

“Makin panjang makin bagus sebenarnya," tandas Royke.