Kemenpar RB Targetkan Pembentukan Smart ASN Pada Tahun 2024

Foto : Istimewa

Pasardana.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyatakan tengah mempersiapkan generasi Smart ASN (Aparatur Sipil Negara).

Ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dan hambatan dalam mendorong visi Indonesia 2045. Sehingga dibutuhkan evaluasi birokrasi guna menjawab tantangan zaman.

Terlebih, kata Syafruddin, Presiden Joko Widodo sudah pernyampaikan bahwa saat ini dunia sedang mengadapi era disrupsi teknologi hingga munculnya Revolusi Industri 4.0. 

Menindaklanjuti komitmen Presiden Joko Widodo agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lainya di era digital, pihaknya telah merancang sejumlah strategi. 

"Salah satunya adalah membuat peta jalan program Smart ASN yang ditargetkan dapat terwujud pada tahun 2024," kata Syafruddin melalui keterangan persnya, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya membentuk generasi Smart ASN demi terwujudnya birokrasi berkelas dunia.

Generasi ini juga diharapkan dapat mengantisipasi tantangan disrupsi era Revolusi lndustri 4.0, di mana digitalisasi birokrasi akan menciptakan pelayanan masyarakat yang semakin optimal, efisien, dan cepat. 

"Smart ASN akan menjadi digital talent dan digital leader seluruh lini terdepan pelayanan pemerintahan," tandas Menteri Syafruddin.

Selain itu, manajemen talenta institusional dari seluruh instansi diintegrasikan guna membentuk talent pool nasional, untuk kemudian diselaraskan dengan manajemen talenta korporasi.

“Sehingga memungkinkan mobilisasi talenta lintas sektor, baik publik maupun privat, yang fokus dan prioritas pembangunan pusat maupun daerah,” sebut Syafruddin.