Bank Dunia : Pertumbuhan Ekonomi 2017 Diperkirakan Lebih Tinggi Dibanding Tahun Lalu

foto : istimewa

Pasardana.id - Bank Dunia memperkirakan, produk domestik bruto (PDB) riil Indonesia akan mengalami pertumbuhan sebesar 5,2 persen di tahun 2017 atau lebih tinggi dari realisasi sepanjang 2016 yang mencapai 5,02 persen.

“Salah satu faktor pendorong pertumbuhan itu adalah konsumsi rumah tangga yang naik karena rupiah yang stabil mampu meningkatkan kepercayaan konsumen,†terang Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rodrigo Chaves, dalam peluncuran laporan Triwulanan Perekonomian Indonesia (Indonesia Economic Quarterly) edisi Maret 2017 di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Dalam laporan tersebut juga dijelaskan upah riil yang lebih tinggi dan angka pengangguran yang terus menurun memberikan dukungan bagi peningkatan daya beli konsumen.

"Setelah mencapai pertumbuhan yang kuat pada 2016, proyeksi ekonomi Indonesia untuk 2017 akan positif. Indonesia akan terus merasakan manfaat dari kelanjutan reformasi struktural," jelas Rodrigo.

Ditambahkan, pertumbuhan investasi swasta juga diperkirakan meningkat oleh karena harga komoditas yang sudah pulih kembali. Harga komoditas yang lebih tinggi juga akan mengurangi kendala fiskal dan meningkatkan belanja pemerintah.

Bank Dunia merekomendasikan perlu ada semangat dalam menjaga perekonomian pada lajur perubahan struktural yang terus-menerus dilakukan untuk dapat lebih meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi.

"Juga harus memastikan pertumbuhan ekonomi berjalan inklusif, sehingga memberi peluang bagi seluruh rakyat," tandas Rodrigo. (Sumber : Antara)