Raksasa E-Commerce Tiongkok Makin Populer di Taiwan
Pasardana.id - Perayaan Singles Day alias Hari Para Jomblo yang jatuh pada tanggal 11 November setiap tahunnya makin berkembang menjadi acara belanja online tahunan yang penting.
Meski baru dimulai 2009 lalu oleh raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba, Singles Day saat ini mampu menciptakan pergerakan uang miliaran dolar Amerika Serikat.
Seperti dilansir Xinhua pada Senin (13/11/2017), Alibaba meraup rekor 168 miliar yuan, lebih dari US$25 miliar (Rp339,1 triliun), dalam event tahun ini.
Taiwan berada di urutan keempat dalam pasar terbesar di luar wilayah Tiongkok dalam acara belanja online Sabtu (11/11/2017) lalu, berkat adanya subsidi biaya pengiriman dan kerjasama antara Tmall, platform ritel e-commerce Alibaba, dengan bank lokal.
JD.com, platform ritel online Tiongkok lainnya, juga mulai membidik Taiwan sejak tahun lalu. Tahun ini JD secara resmi merambah pasar Taiwan dengan melakukan penjualan langsung ke konsumen di negara tersebut.
Belanja online telah menjadi kegiatan sehari-hari di Taiwan, dengan penduduk setempat menghabiskan sekitar satu jam setiap harinya untuk mengakses situs e-commerce dan menghabiskan hampir US$100 setiap bulannya untuk melakukan belanja online. Produk-produk yang paling populer dibeli adalah barang elektronik, pakaian, kosmetik, dan barang kebutuhan sehari-hari.
Seperti perusahaan e-commerce Tiongkok, perusahaan e-commerce lokal di Taiwan juga tak ketinggalan memanfaatkan Singles Day. Pchome bekerja sama dengan lebih dari 30 bank dan mendiskonkan lebih dari dua juta produk. Situs Momo mendapat kunjungan dua kali lipat dari jumlah kunjungan pada hari biasa.
Sebuah survei yang dilakukan Institute for Information Industry memperlihatkan bahwa sekitar 44 persen responden lebih suka menggunakan platform lokal, namun e-commerce Tiongkok semakin populer karena menawarkan lebih banyak diskon dan pilihan.

