Peningkatan Ekspor Terealisasi Dengan Dukungan Semua Pihak

foto : istimewa

Pasardana.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan, kerja sama semua pihak dibutuhkan untuk mengembangkan ekspor seperti pemerintah, DPR, pengusaha, dan masyarakat. Selain itu perlu diterbitkan kebijakan strategis oleh pemerintah.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Lima langkah strategis yaitu penambahan jumlah eksportir, diversifikasi produk ekspor, pengembangan pasar ekspor, peningkatan harga ekspor, dan pengembangan ekosistem ekspor,ââÅ¡¬ kata Benny Soetrisno, Wakil Ketua Kadin Indonesia di Jakarta, kemarin.

Dijelaskan, penambahan jumlah eksportir dapat diperoleh dari perusahaan yang sudah beroperasi dan calon pengusaha baru melakukan bisnis berorientasi ekspor. Kalangan perguruan tinggi juga perlu dilibatkan untuk menciptakan ekosistem yang mendukung ekspor.

Mereka juga diharapkan mencetak sumber daya manusia berkompetensi tinggi. Jadi, mereka bisa bekerja di perusahaan-perusahaan internasional di mancanegara.

Adapun ekspor Indonesia dipatok Kadin Indonesia meraih US$750 miliar pada 10-15 tahun nanti. Apabila dibagi per tahun menjadi US$100 miliar.

Sementara itu, Indonesia baru mencapai ekspor sebesar US$91,73 sampai Agustus 2016. Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, terjadi penurunan sebesar 10,61% dari US$102,61 miliar.