Shanghai Composite Menguat 74,53 Poin, Kenaikan Tertinggi Sejak Mei

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Shanghai Composite di Bursa Efek Shanghai, Tiongkok, menguat 74,53 poin, atau sekitar 2,44 persen, dari sesi sebelumnya pada Senin (15/8/2016), mencapai 3.125,20. Seperti dilaporkan Financial Times, penguatan yang terjadi merupakan kenaikan tertinggi angka indeks dalam satu sesi sejak akhir Mei lalu.

Indeks komposit Shenzhen, yang merupakan indeks dari 40 saham yang ditransaksikan di Bursa Efek Shenzhen, juga naik sebesar 2,7 persen. Kenaikan hampir mencapai angka tertinggi sejak pertengahan Juni lalu.

Sesi perdagangan di lantai bursa Shanghai hari ini ditandai dengan melesat naiknya angka indeks sampai istirahat makan siang. Setelah itu indeks cenderung bergerak mendatar.

Saham sektor properti terus melejit setelah beberapa hari terakhir mencapai gain. Saham Vanke bahkan mencapai kenaikan 10 persen, batas atas kenaikan per hari. Indeks sektor properti melesat naik 7 persen, tertinggi dalam tujuh bulan terakhir.

Saham sektor perbankan juga menguat hari ini, sedangkan saham perusahaan broker meningkat setelah munculnya ekspektasi akan segera terwujudnya Shenzhen-Hong Kong Stock Connect dalam waktu tak lama lagi.