Pembeli dari Tiongkok Kembali Dominasi Pembelian Rumah di AS

foto: istimewa

Pasardana.id - Pembeli dari Tiongkok kembali mendominasi pembelian rumah di Amerika Serikat oleh selain warga AS untuk dua tahun beruntun. Seperti dilaporkan Xinhua pada Senin (11/7/2016), sebanyak 29.195 rumah dengan nilai total US$27,3 miliar telah dibeli oleh warga Negeri Panda dalam setahun terakhir.

Aktivitas yang meningkat telah menyebabkan baik volume dolar AS maupun jumlah unit terjual mencapai level yang jauh melebihi demografi asing lainnya. Dari segi volume dolar AS, seperti diungkapkan kepala ekonom US National Association of Realtors Lawrence Yun, warga Tiongkok telah membeli 26,7 persen dari total properti hunian yang dijual di AS.

Pembeli dari Tiongkok cenderung membeli rumah di pusat kota atau area sub urban yang memiliki harga yang tinggi. Rata-rata harga pembelian para pembeli dari Tiongkok ini mencapai US$936.615. Nilai tersebut hampir tiga kali lipat dari rata-rata pembelian para pembeli dari Kanada, yang merupakan kelompok kedua terbesar pembeli asing properti di AS.

Sekitar sepertiga pembeli dari Tiongkok membeli rumah di kawasan Kalifornia, New York, Texas, Washington, dan New Jersey. Sedangkan sekitar 39 persen melakukan pembelian di kawasan lain. Namun yang terbanyak adalah di New York, mencapai 10 persen.

Sebagian besar pembelian dilakukan dengan alasan sebagai hunian untuk anak yang melakukan studi di AS. Para pembeli dari Tiongkok umumnya membeli secara tunai, mencapai 71 persen.