Bank Mulai Fokus Layanan Digital

foto : istimewa

Pasardana.id - Bank Mandiri menilai, layanan perbankan digital telah menjadi layanan utama bagi nasabah sekarang ini. Kondisi ini berbeda dibandingkan pada waktu lalu, yang hanya sebagai alternatif.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Pada saat ini transaksi perbankan lebih banyak dilakukan melalui transaksi digital,ââÅ¡¬ kata Rico Usthava Frans, Direktur Digital Banking and Technology PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Jakarta, kemarin.

Dengan begitu, bank perlu merubah paradigma layanan utama bukan di kantor cabang lagi. Selain itu, karyawan yang berkompeten harus dimiliki sebuah bank, untuk bisa menghadapi revolusi digital.

Adapun Bank Central Asia (BCA) mengaku, pengurangan karyawan di kantor cabang dilakukan akibat pengembangan layanan daring sejak 1980. Mereka diberikan pelatihan lain untuk pekerjaan-pekerjaan yang masih berhubungan nasabah.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Pada dasarnya teknologi tidak akan menggantikan semua pekerjaan di perbankan, karena hubungan tatap muka di bank akan terus ada,ââÅ¡¬ ucap Armand W. Hartono, Wadirut PT BCA Tbk.

Para pegawai ini juga diberikan pelatihan dengan teknologi informasi (TI) berupa electronic learning (e-learning). Tempat pelatihan berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat.