Investor Syariah di BEI Naik 53% pada 2015

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jumlah investor syariah sebanyak 4.257 investor pada 2015, naik 53% dibandingkan 2.795 investor pada 2014.

Hal itu disampaikan oleh Dwi Shara Soekarno, Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI dalam keterangan tertulis, Rabu (30/12).

Menurut Dwi, pasar modal syariah di Indonesia terus mengalami perkembangan. Ini tidak lepas dari kegiatan edukasi dan sosialisasi yang telah dilakukan dalam rangka pengembangan investasi syariah di pasar modal Indonesia selama 2015.

Ia mengemukakan, selama Januari 2015 - Desember 2015, peserta Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) mencapai 9.502 orang di seluruh daerah di Indonesia, naik 8% dibandingkan tahun 2014.

Selain itu, menurut Dwi, edukasi dilakukan melalui laman internet sehingga informasi mengenai Daftar Efek Syariah, Peraturan dan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) maupun daftar konstituen saham yang termasuk dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dapat diakses langsung pada website BEI.

Dwi menambahkan, khusus untuk fatwa DSN-MUI Nomor 80 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek dapat diunduh dalam tiga bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab," paparnya.