Rahasia Miliuner Dunia #3: Miliuner Itu Tahu Kapan Waktu Berinvestasi

foto : ilustrasi (ist)

"Bottoms in the investment world don't end with four-year lows; they end with 10- or 15-year lows." - Jim Rogers

Jim Rogers adalah seorang pengusaha, investor dan penulis buku yang lahir di Amerika di tahun 1942. Rogers adalah seorang co-founder dari The Quantum Fund dan pendiri RICI (Rogers International Commodities Index).

Menurut Rogers sebuah dasar atau bottom dari pasar tidak berakhir dalam 4 tahun. Wah menyeramkan sekali ya apabila ada sebuah pasar yang mengalami resesi dan tidak mengalami recovery segera, padahal 4 tahun saja sudah terbilang lama.

Bisa saja dalam kondisi tertentu bisa mengalami perbaikan kinerja setelah 10-15 tahun. Apakah hal itu pernah terjadi?

Rupanya benar! Bahwa pasar pernah sedemikian kejamnya, kita ambil sebuah contoh bahwa pasar di dunia pernah mengalami penurunan yang baru kembali di tahun ke 10, sebutlah Dow Jones Industrial Average pada tahun 1972.

Apakah yang harus dilakukan oleh para investor dan pelaku pasar pada saat itu? Apakah memang benar bahwa dalam kondisi seperti itu semua pelaku pasar tidak makan?

Rupanya tidak juga, bagi pelaku jangka panjang yang siap berinvestasi dengan disiplin maka dengan tetap berinvestasi pada pasar crash di Dow Jones sekalipun, mereka memiliki portfolio lebih cepat pulih 6 tahun dibandingkan dengan menghentikan transaksi.

Namun bagi golongan lain janganlah takut untuk tetap melakukan kegiatannya dengan mengikuti trend yang ada. Memang benar dalam setiap masalah akan muncul pemenang baru, dan inilah fakta nya.

Apa hal paling penting yang perlu di ingat bagi pelaku pasar yang terus ada di pasar seperti itu? Pertama dan terpenting! Berinvestasilah pada industry yang telah di analisa terlebih dahulu.

Mengapa? Ketika pasar crash dan resesi sekalipun, pasti ada titik terang di salah satu sektoral yang bertahan. Namun jangan pernah berpikir bahwa ketika anda langsung membeli dan langsung mendapat keuntungan!

Bisa saja pasar bergerak melawan keinginan anda terlebih dahulu dan anda mulai melihat bahwa keputusan anda untuk masuk ke dalam pasar yang sedang turun sekalipun sebuah keputusan yang tepat, asalkan! Ya anda telah mempelajarinya terlebih dahulu.

Ryan Filbert merupakan praktisi dan inspirator investasi Indonesia. Ryan memulai petualangan dalam investasi dan keuangan semenjak usia 18 tahun. Aneka instrumen dan produk investasi dijalani dan dipraktikkan, mulai dari deposito, obligasi, reksa dana, saham, options, ETF, CFD, forex, bisnis, hingga properti. Semenjak 2012, Ryan mulai menuliskan perjalanan dan pengetahuan praktisnya. Buku-buku yang telah ditulis antara lain:Investasi Saham ala Swing Trader Dunia, Menjadi Kaya dan Terencana dengan Reksa Dana, Negative Investment: Kiat Menghindari Kejahatan dalam Dunia Investasi, dan Hidden Profit from The Stock Market, Bandarmology , dan Rich Investor from Growing Investment.
Di tahun 2015 Ryan Filbert menerbitkan 2 judul buku terbarunya berjudul Passive Income Strategy dan Gold Trading Revolution. Ryan Filbert juga sering memberikan edukasi dan seminar baik secara independen maupun bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK).